Apa strategi pembelajaran kontekstual?

Pembelajaran kontekstual atau yang juga dikenal dengan CTL (Contex- tual Teaching and Learning) adalah suatu strategi mengajar dimana konsep yang sedang dipelajari diberikan dalam situa- si nyata sehingga siswa memahami kon- sep tersebut dan melihat keterkaitannya dalam penggunaanyanya di kehidupan sehari-hari.

Apa yang dimaksud dengan kurikulum kontekstual?

Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) merupakan suatu proses pendidikan yang bertujuan memotivasi siswa untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial, dan kultural) sehingga siswa …

Mengapa Kurikulum yang dikembangkan harus kontekstual?

Pembelajaran kontekstual membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir tahap tinggi, nerpikir kritis dan berpikir kreatif. Berpikir kritis adalah suatu kecakapan nalar secara teratur, kecakapan sistematis dalam menilai, memecahkan masalah menarik keputusan, memberi keyakinan, menganalisis asumsi dan pencarian ilmiah.

Mengapa strategi pembelajaran kontekstual dapat di implementasikan dalam pembelajaran mata pelajaran PAI?

Penerapan strategi kontekstual memberikan nuansa baru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga makna-makna dari materi yang diajarkan khususnya berkaitan dengan penanaman nilai-nilai moral kepada peserta didik lebih efektif dilakukan.

Apa yang dimaksud dengan kontekstual?

Kontekstual memiliki arti berhubungan dengan konteks atau dalam konteks. Konteks membawa maksud keadaan, situasi dan kejadian. Secara umum, kontekstual memiliki arti: Page 3 2 1. Berkenaan dengan, releven, ada hubungan atau kaitan langsung, mengikut konteks; dan 2. Membawa maksud, makna dan kepentingan (meaningful).

Jelaskan apa itu kontekstual?

kontekstual = berhubungan dengan konteks. yang dimaksud KONTEKS adalah bagian suatu uraian atau kalimat yang dapat mengandung atau menambah kejelasan makna.

Mengapa kurikulum penting dalam dunia pendidikan?

Kurikulum mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam pendidikan, karena kurikulum lah yang mengatur dan mnegarahkan agar tujuan pendidikan itu dapat tercapai dan tidak melenceng dari tujuan yang telah direncanakan.

Apa peran kurikulum dalam kegiatan belajar mengajar?

Secara umum fungsi kurikulum adalah sebagai alat untuk membantu peserta didik mengembangkan pribadinya ke arah tujuan pendidikan. Kurikulum merupakan sesuatu yang dijadikan pedoman dalam segala kegiatan pendidikan yang dilakukan termasuk kegiatan belajar mengajar di kelas.

Apakah Kurikulum 2013 merupakan rangkaian penyempurnaan?

Kurikulum 2013 merupakan serentetan rangkaian penyempurnaan terhadap kurikulum yang telah dirintis 2004 yang berbasis kompetensi lalu diteruskan dengan kurikulum 2006 (KTSP). Jadi perubahan kurikulum pendidikan suatu tuntutan yang mau tidak mau harus tetap dilakukan tinggal penetapan tentang waktu saja.

Bagaimana implementasi kurikulum 2013?

Novi Khomsatun3, menemukan bahwa implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran fiqih kelas 7 MTs Negeri Sunawungu melalui tahap-tahap pembelajaran, seperti: tahap perencanaan dengan menyusun RPP, tahap pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan pendekatan scientific, tahap evaluasi.

Apakah kurikulum merupakan mata pelajaran dan kegiatan pendidikan yang ditetapkan?

Kurikulum adalah sejumlah mata pelajaran dan kegiatan-kegiatan, serta segala sesuatu yang akan berpengaruh dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Apa yang cocok untuk Pembelajaran Kontekstual?

Model pembelajaran yang cocok untuk hal di atas adalah pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching Learning(CTL). Model kontekstual merupakan konsep belajar yang beranggapan bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara ilmiah, artinya belajar akan lebih bermakna jika