Langkah langkah pemangkasan produksi tanaman kakao?

CARA PEMANGKASAN

  1. Memotong cabang-cabang yang tumbuh meninggi, sehingga tanaman kakao hanya 4-5 m.
  2. Mengatur cabang sekunder berikutnya agar jaraknya tidak terlalu rapat.
  3. Memotong cabang-cabang sekunder yang tumbuh terlalu dekat dengan jorketnya (40-60 cm)

Kapan dilakukan pemangkasan tanaman kakao?

Pangkas bentuk dilakukan setelah tanaman rimbun, biasanya setelah berumur 1 tahun. Dilakukan dengan memilih semua cabang besar yang kuat, arah pertumbuhannya membentuk huruf V. Pangkasan selanjutnya dengan mengatur cabang-cabang sekunder, diusahakan arah pertumbuhannya merata, seimbang dan tidak saling menutup.

Apa yang dimaksudkan dengan Jorket pada tanaman kakao?

Jorket adalah tempat percabangan dari pola percabangan ortotrop ke plagiotrop dan khas hanya pada tanaman kakao. Pembentukan jorket didahului dengan berhentinya pertumbuhan tunas ortotrop karena ruas-ruasnya tidak memanjang.

Apa saja pemangkasan yang dilakukan pada perkebunan kakao agar memberikan pertumbuhan dan produksi yang baik?

Pemangkasan tanaman kakao mempunyai berberapa jenis meliputi : pemangkasan bentuk, pemangkasan pemeliharaan dan pemangkasan produksi.

  • Pemangkasan Bentuk. Pemangkasan bentuk bertujuan untuk mendapatkan kerangka tanaman yg sehat,kuat dan penyebaran merata.
  • Pemangkasan Pemeliharaan.
  • Pemangkasan Produksi.

Bagaimana pemangkasan bentuk dilakukan?

Pemangkasan bentuk bertujuan membentuk kerangka pohon yang diinginkan, dimana percabangannya diatur dengan arah yang menyebar dan produktif sehingga pertumbuhan batang dan cabang lebih kuat. Pemangkasan ini dilakukan sesudah pemangkasan bentuk, tanaman dipelihara dan dipertahankan bentuknya.

Kapan dilakukan pemangkasan peremajaan?

Pemangkasan peremajaan dilakukan pada saat tanaman mulai tidak produktif, dengan tujuan: untuk merangsang pertumbuhan reproduktif secara maksimum. Bagian yang dipangkas adalah batang atau cabang yang tidak produktif (menghasilkan).

Mengapa tanaman kakao perlu dilakukan pemangkasan?

Bagi tanaman kakao pemangkasan berarti usaha meningkatkan produksi dan mempertahankan umur ekonomis tanaman. Pemangkasan tanaman kakao merupakan kegiatan pemotongan atau pembuangan bagian berupa cabang, ranting dan daun yang tidak diinginkan atau diperlukan lagi bagi pertumbuhan tanaman dan terbentuknya buah.

Apa tujuan pemangkasan pada tanaman kakao?

Cabang cabang apa saja yang harus dilakukan pemangkasan pada pemangkasan pemeliharaan?

Cabang – cabang yang harus dilakukan pemangkasan pemeliharaan adalah dengan pemangkasan percabangan dan perakaran.

Berapa Frekuensi pemangkasan pemeliharaan yang dilakukan pada tanaman kakao?

Pemangkasan pemeliharaan ditujukan untuk mengatur penyebaran daun produktif, merangsang pembentukan daun baru, bunga dan buah, serta mengurangi serangan hama dan penyakit. Bagian daun sekitar tajuk yang sangat rimbun dilakukan pemangkasan pada ranting-rantingnya. Frekuensi pemangkasan pemeliharaan 2-3 bulan.

Pada saat kapan pemangkasan pemeliharaan dilakukan jelaskan?

Pemangkasan bentuk biasanya dilakukan 1 – 2 tahun setelah tanam, untuk tanaman tahunan waktu pemangkasan yang paling baik adalah awal atau akhir musim hujan. Lain dengan pemangkasan pemeliharaan (Kesehatan dan Produksi) ini dilakukan 3 bulan sekali, yakni ketika hujan mulai turun.

Kapan pemangkasan bentuk perlu dilakukan?

Pemangkasan bentuk sebaiknya dilakukan pada tanaman yang belum menghasilkan. Pemangkasan bentuk dilakukan dengan membuang cabang yang lemah dan mempertahankan 3-4 cabang yang simetris terhadap batang utama, kukuh, sehat dan membentuk sudut 45ᵒ.